• Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia 8

    Bogor, 3 - 5 November 2015

  • Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia 8

    Tema : "Menciptakan Ekosistem Multi-stakeholders dalam Pengembangan Perpustakaan Digital Indonesia"

  • Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia 8

    Bogor, 3 - 5 November 2015

KONFERENSI PERPUSTAKAAN DIGITAL INDONESIA 8

Bogor, 3 - 5 November 2015

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) membuka peluang bagi setiap perpustakaan konvensional untuk mulai membangun koleksi bahan perpustakaan digital untuk dilayankan kepada pemustaka. Teknologi jaringan juga membuka peluang bagi perpustakaan untuk memanfaatkan bersama (sharing) sumber informasi digital yang dimiliki, yaitu dengan menyediakan akses bagi perpustakaan lain ke koleksi digital miliknya dan sebaliknya, mengakses koleksi digital milik perpustakaan lain. Dengan demikian peluang suatu perpustakaan untuk dapat memenuhi kebutuhan informasi pemustaka masing-masing semakin besar.

Peralihan dari tahap pengembangan koleksi digital yang berdiri sendiri ke tahap pengembangan jejaring ‘perpustakaan digital’ untuk pemanfaatan bersama sumber informasi yang dimiliki tentunya bukan merupakan proses yang sederhana. Salah satu prasyarat yang harus dipenuhi dalam proses pengembangan jejaring perpustakaan digital adalah adanya ekosistem multi-stakeholders. Yang dimaksud dengan ekosistem multi-stakeholders adalah suatu ekosistem dalam perpustakaan digital yang saling menghidupi antarkomponen yang berkepentingan dengan penciptaan, pengumpulan, pengelolaan dan pemanfaatan khasanah intelektual bangsa yang meliputi perpustakaan, museum, arsip, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, media masa, industri penerbitan dan rekaman, komunitas dan swasta. Oleh karena itu, Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia ke-8 (KPDI 8) akan mengambil tema “Menciptakan ekosistem multi-stakeholders dalam pengembangan perpustakaan digital Indonesia”.

Tema

“Menciptakan ekosistem multi-stakeholders dalam pengembangan perpustakaan digital Indonesia”.

Tujuan

KPDI 8 diharapkan akan menjadi sarana berbagi saran dan masukan mengenai standard-standard ekosistem multi-stakeholders yang sesuai dan diperlukan dalam pengembangan perpustakaan digital Indonesia.

Peserta
  1. Pengelola berbagai jenis perpustakaan
  2. Pustakawan dan tenaga perpustakaan di perpustakaan sekolah, umum, khusus dan perguruan tinggi
  3. Akademisi, peneliti, pengajar dan mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi
  4. Penerbit
  5. Perusahaan penyedia informasi (information providers)
  6. Seluruh stakeholders dalam bisnis multimedia

Tempat Penyelenggaraan

IPB International Convention Center

Botani Square Building 2nd Floor.

Jl. Pajajaran Bogor - Jawa Barat 16127

Phone : +62 251 8400658 (HUNTING)

Email : marketing@ipbicc.com